Sistem Pengelolaan Nilai Mahasiswa Secara Online


PENDAHULUAN

Sistem aplikasi ini pernah dibuat untuk menyelesaikan Tugas Akhir salah satu mahasiswa. Dalam dunia pendidikan, kegiatan akademik sudah menjadi bagian kehidupan yang tak bisa dilepaskan begitu saja. 

Proses pengambilan mata kuliah dan penilaiannya sebagai contoh dari kegiatan akademik. Adanya berbagai jurusan yang memiliki sistem akademik sendiri yang khusus untuk jurusan tersebut memberikan kesulitan bagi pihak manajemen untuk mengelola data akademik dan sering menimbulkan kerancuan antara nilai yang masuk di jurusan dan di pihak manajemen.

Kebutuhan akan penyajian data yang terintegrasi pada semua jurusan diperlukan oleh pihak manajemen dalam mengelola dan menganalisa data. Kegiatan akademik yang memang membutuhkan integrasi data diharapkan mempermudah baik pihak mahasiswa maupun pihak manajemen.

RUMUSAN MASALAH

Pada setiap jurusan, memiliki sistem akademik sendiri-sendiri sehingga hal ini menyebabkan tidak adanya integrasi data secara keseluruhan, serta memiliki karekteristik berbeda pada masing-masing jurusan, misalkan penggunaan database yang berbeda, pemberian nama yang tidak sama dan lain-lain.

Setelah melakukan proses pembayaran, mahasiswa melakukan proses pendaftaran mata kuliah di jurusannya masing-masing dan mahasiswa dapat melihat hasil nilai ujian semester melalui Kartu Hasil Studi (KHS).

Di sini timbul masalah baru, yaitu selain masalah antrian yang membosankan, juga menjadi masalah tersendiri bagi mahasiswa perantauan karena mahasiswa perantauan biasanya pulang ke kampung halamannya pada saat liburan tiba.

DFD SISTEM PENGOLAHAN DATA NILAI MAHASISWA

Dalam sistem ini, mahasiswa dapat mengisi KRS melalui website, sedangkan Administrator system melakukan pemasukan terlebih dahulu data hasil nilai ujian mahasiswa ke dalam website agar mahasiswa dapat melihat data-data ujian. Dari hasil rancangan tersebut dibuat prosedur sebagai berikut :





Previous Post Next Post